RSS

Pengertian JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman berbasis prototipe yang berjalan di sisi klien. Jika kita berbicara dalam konteks web, sederhananya kita dapat memahami JavaScript sebagai bahasa pemrogrmana yang berjalan khusus untuk di browser atau halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup. Jika dilihat dari suku katanya, JavaScript terdiri dari dua kata, yaitu Java dan Script. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek, sedangkan Script adalah serangkaian instruksi program.
JavaScript adalah bahasa script (bahasa pemrograman yang dapat memegang kontrol aplikasi) yang berbasis pada bahasa pemrograman Java. Namun JavaScript bukanlah bagian dari teknologi Java dari Sun. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek murni, sedangkan JavaScript digunakan secara prosedural. Cara kerja JavaScript adalah mengakses elemen pada HTML dan membuat aksi jika elemen-elemen HTML itu mengalami perubahan, misalnya berubahnya warna halaman web begitu sebuah tombol diklik. JavaScript membuat sebuah halaman web menjadi lebih dinamis. JavaScript yang digunakan pada halaman web merupakan client side scripting yang berarti bahwa web browser mengidentifikasi dan menjalankan skrip program yang disisipkan dalam dokumen web (yang diterima dari server), dan mungkin memperbarui tampilan halaman di komputer pemakai (user) tanpa mengirimkan permintaan (request) baru kepada web server. Karena JavaScript pada halaman web adalah client side scripting, maka kode JavaScript yang ditulis satu file dengan dokumen HTLM akan ditampilkan ketika sebuah halaman web dilihat source code-nya.
Secara fungsional, JavaScript digunakan untuk menyediakan akses skrip pada objek yang dibenamkan (embedded). Contoh sederhana dari penggunaan JavaScript adalah membuka halaman pop up, fungsi validasi pada form sebelum data dikirimkan ke server, merubah gambar kursor ketika melewati objek tertentu, dan lain-lain. Yang harus diperhatikan dalam pengelolaan pemrograman JavaScript diantaranya JavaScript adalah bahasa pemrograman yang case sensitive, yang artinya JavaScript membedakan huruf kecil dan huruf besar. Hal ini sama seperti bahasa pemrograman Turbo C atau C++ dimana huruf ‘A’ tidak sama dengan huruf ‘a’.
JavaScript bekerja pada sisi browser, artinya untuk menampilkan halaman web, user menuliskan alamat web di address bar url. Setelah itu, browser mengambil file HTML (dengan file JavaScript yang melekat padanya jika memang ada) ke server yang beralamat di URL yang diketikkan oleh user. Selesai file diambil, file ditambilkan pada browser. Nah, setelah file JavaScript berada pada browser, barulah skrip JavaScript tersebut bekerja.
Efek dari JavaScript yang bekerja pada sisi browser ini, JavaScript dapat merespon perintah user dengan cepat, dan membuat halaman web menjadi lebih responsif. JavaScript melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh HTML, PHP, dan CSS dalam menangani hal-hal yang membutuhkan respon cepat terhadap aksi dari user. Misalnya, fungsi validasi pada form. Ketika user mengisi sebuah form yang divalidasi menggunakan JavaScript, user mengetikkan data lalu mengklik submit. Sebelum data dikirimkan ke server, data akan dicek terlebih dahulu pada browser menggunakan fungsi JavaScript yang ada pada halaman web. Sehingga jika memang data yang diisikan tidak valid, daripada membuang-buang waktu dengan mengirim data ke server baru divalidasi di server, lalu server mengirimkan respon balik mengenai ketidakvalidan input data user, lebih baik pengecekan validasi data form dilakukan secara lokal di browser menggunakan fungsi JavaScript.
Untuk lebih mempercepat dan menghemat waktu, implementasi terpopuler saat ini dari pemrograman JavaScript adalah teknik AJAX (Asynchronous JavaScript and XML). Teknik ini sering digunakan oleh aplikasi berbasis web seperti Gmail, Google Reader, dan lain-lain. Teknik AJAX ini membuat proses pertukaran data antara server dan browser terjadi di belakang layar sehingga interaksi antara user dan aplikasi web semakin responsif.

1 komentar:

Erica belinda mengatakan...

Sebagai info yang inovasi tentang javascrip artikel ini sangat berperan dalam blog Terima kasih infonya bermanfaat sekali.

Erica belinda mengatakan...

Sebagai info yang inovasi tentang javascrip artikel ini sangat berperan dalam blog Terima kasih infonya bermanfaat sekali.

Posting Komentar