RSS

Sejarah Bahasa Pascal

Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematika dan filosofi terkenal abad 17 dari Prancis.

Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan compiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Coorporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk menagajar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang terstruktur (structured programming). Jadi, Pascal adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program terstruktur. Turbo Pascal 7.0 adalah suatu compiler berbahasa Pascal. Bahasa Pascal ini telah lama digunakan di dunia pemrograman.

Kelebihan-kelebihan dari Turbo Pascal di antaranya :

  • -          Turbo Pascal merupakan suatu bahasa tingkat tinggi sehingga bisa lebih mudah diperlajari
  • -          Turbo Pascal termasuk ke dalam suatu bahasa pemrograman modular
  • -          Penulisan syntac pada bahasa Pascal tidak membedakan huruf kapital dengan huruf kecil (case sensitive)
  • -          Proses compile (menerjemahkan kode sumber program ke bahasa yang dimengerti compiler) berlangsung cepat

Bahasa pemrograman Pascal digolongkan sebagai bahasa pemrograman prosedural. Program yang dibangun dalam Pascal akan dieksekusi secara sekuensial. Programnya sendiri dibagi atas dua bagian, yaitu bagian struktur data dan algoritma sehingga dapat ditulis sebagai :


0 komentar:

Posting Komentar